Agustus 04, 2010

Gorilla: Bahan Material Kaca Terkuat Di Dunia

http://www.samsunghub.com/wp-content/uploads/2009/07/gorilla-glass.jpg

Sebuah kaca memang rentan pecah atau retak. Kini ada sebuah kaca yang sangat kuat. Kaca tersebut bernama Gorilla karena elemennya yang cukup kuat dan sukar untuk dipecahkan atau tergores.

Gorilla diramalkan bakal menjadi kaca pilihan utama untuk pembuatan televisi. Penemuan materi kaca yang kuat ini sebenarnya sudah berlangsung lebih dari setengah abad yang lalu, yakni pada tahun 1962. Namun mereka gagal mengomersilkannya.

Corning Inc. perusahaan kaca dan keramik yang sudah berusia 159 tahun ini sedang menyiapkan produksi dari Gorilla. Mereka berharap jika kaca tersebut bakal dipakai untuk produksi televisi dan layar monitor lainnya. Gorilla sendiri pertama kali digunakan oleh pelanggan di tahun 2008, dan dengan cepat keuntungannya mencapai 170 juta dolar dalam setahun, sebagai lapisan pelindung layar untuk lebih dari 40 juta telepon seluler.

http://www.motioncomputing.com/images/products/gorilla_glass_bend.jpg

“Gorilla memiliki kekuatan dua sampai tiga kali lebih kuat daripada gelas soda. Bahkan tebalnya setengah dari gelas tersebut. Selain itu Gorilla juga kuat bagaikan sekeping koin sehingga bisa menghemat biaya pengiriman barang karena tidak begitu berat,” ujar para ilmuwan dari Corning Inc, seperti dikutip melalui The News Tribune, Senin (2/7/2010).

Corning Inc sekarang sedang bernegoisasi dengan beberapa pabrik di Asia untuk mengadopsi Gorilla di layar televisi. Dengan produksi secara full di pabrik yang berlokasi di Harrodsburg, Kyoto dan pabrik kedua di Shizuoka, Jepang.

http://lh5.ggpht.com/blobinabottle/SEKW5q3Ep_I/AAAAAAAAAKs/sr22Hh3Lvso/gorilla.jpg?imgmax=800

Kami optimis Gorilla akan menjadi bisnis besar di tahun 2015. Hal itulah yang bisa menggambarkan optimisme kami saat ini,” ujar presiden direktur dari Corning Inc, Peter Volakonis. (srn)*CPS/GA

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails