Agustus 06, 2010

7 Gua Menakjubkan di Dunia

Gua Dongzhong, China (sekolah di dalam gua)



Anda akan terkejut bila memasuki area dalam gua ini saat mengetahui bahwa puluhan anak ternyata datang tiap hari ke sini untuk belajar. Sekolah gua ini berada di desa Miao, di wilayah Ziyun, Cina. Gua ini terbentuk secara alami selama beratus tahun yang lalu.

Fantastic Pit (terowongan terpanjang Amerika)


Fantastic Pit
Fantastic Pit

Terowongan bernama Fantastic Pit memiliki kedalaman sekitar 586 meter dan merupakan terowongan terpanjang di benua Amerika. Karena sangat dalam, terowongan ini mampu menampung Washington Monument (555 meter). Diperlukan waktu 8 detik untuk sebuah batu mencapai dasar gua.

Gua Hantu, Venezuela


Cueva del Fantasma
Cueva del Fantasma

�Cueva del Fantasma�, nama Spanyol dari �Gua Hantu� ini yang memang sangat luas sehingga 2 helikopter pun mampu memasuki gua ini dan mendarat di samping air terjunnya. Air terjun ini tertampung dalam sebuah kolam di dalam gua. Saat ditemukan, beberapa peneliti juga mendapati beberapa jenis katak langka dalam gua berspecies Colostethus.

Gua Es Eisriesenwelt, Austria (gua es terbesar di dunia)



Eisriesenwelt Ice Cave
Eisriesenwelt Ice Cave

Banyak sekali gua es di dunia ini tapi Eisriesenwelt Ice Cave di Austria mungkin adalah yang terbesar. Terletak di Pegunungan Tennengebirge dekat Salzburg dan membentang sepanjang 40 kilometer. Di dalamnya terdapat langit-langit yang sangat mempesona dan dijuluki Mother Nature�s handicraft.

Gua Waitomo Glowworm, New Zealand (surga ulat kelap-kelip)




Gua Waitomo Glowworm terletak di sebelah utara pulau New Zealand dan terkenal dengan populasi glowworm (ulat kelap-kelip), Arachnocampa luminosa. Ulat-ulat ini mampu menghasilkan salah satu komoditi dagang Selandia Baru yaitu sutra.

Gua Majlis al Jinn, Oman (gua terluas kedua di dunia)



Majlis al Jinn

Majlis al Jinn merupakan gua terluas kedua di dunia. Terletak di dataran tinggi Selma pada ketinggian 1600 meter dari Kesultanan Oman. Gua ini ditemukan pada tahun 1983 oleh Don Davidson, seorang geologis yang datang ke Oman.

Davidson dikabarkan meninggal 10 tahun kemudian saat melakukan pendakian di Pegunungan Andes. Untuk memasuki gua ini kita harus menggunakan tali. Gua ini mempunyai kedalaman 120 hingga 150 meter.

Gua Kristal, Meksiko (gua kristal terbesar di dunia)




Cueva de los Cristales
Cueva de los Cristales

Dikenal dengan �the Sistine Chapel of crystals�, Mexico�s Cueva de los Cristales (Gua Kristal) ini mengandung kristal-kristal alami yang terkenal di dunia. Kristal tersebut memiliki panjang rata-rata 11 meter.

Gua ini berkedalaman hampir 290 meter. Wilayah ini dibangun sebuah komplek pertambangan bernama Naica. Gua ini tercipta oleh aktivitas gunung berapi berjuta tahun yang lalu.





sumber :http://strano66.blogspot.com/2010/08/7-gua-menakjubkan-di-dunia.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails