Agustus 01, 2010

Michael Jackson, Penemu Sepatu Anti-Gravitasi

Selain sebagai legenda pop dengan julukan "King of Pop", saat memikirkan Michael Jackson, orang tidak mungkin melupakan bagaimana dia menjadi seorang trendsetter dan style icon. Pengaruhnya pada dunia fashion pun tidak terbantahkan. Tapi tahukah Anda bahwa seorang Michael Jackson pun ternyata adalah seorang penemu juga.



Pada bulan Oktober 1983, sebuah US Patent (hak paten di Amerika) diterbitkan untuk suatu produk ""Method and means for creating anti-gravity illusion" atau "Metode dan cara membuat ilusi anti-gravitasi"




Nama Michael Jackson ada di urutan pertama dari tiga orang yang terdaftar di paten itu. Di paten itu termasuk sketsa sebuah sepatu boot. Di situ juga dijelaskan bagaimana hingga Jacko bisa mecondongkan tubuhnya hingga sudut 45 derajat seolah melawan gravitasi. Koreografi ini selalu dilakukannya saat membawakan lagu "Smooth Criminal" baik saat di panggung (live) maupun di penampilan TV.


Menurut Soundonsight, dalam versi video, Michael dan para penarinya pakaiannya ditahan oleh semacam kekang. Tapi dalam pertunjukan panggung "live" hal itu tidak mungkin dilakukan apalagi jika digabung dengan gerakan moonwalker. Karena itulah Michael bersama desainer kostum L.A. Michael Bush dan Dennis Tompkins (nama-nama lainnya dalam paten itu) merancang sebuah sepatu yang dapat mengunci ke paltform panggungnya dan melepaskannya kembali saat diperlukan sehingga Michael dan para penarinya terlihat mampu melakukan suatu gerakan yang tidak mungkin dilakukan oleh orang biasa.

Kalau kita melihat penampilan panggung lagu "Smooth Criminal" sepertinya gerakan itu mudah saja dilakukan, tapi ternyata sepatunya sendiri merupakan sebuah hasil desain yang tidak mudah. Murujuk pada laporan kantor The United States Patent and Trademark disebutkan bahwa mekanisme sepatu ini dibuat dengan pemikiran dan perhitungan matematis.

Paten itu sendiri baru akan expired pada tahun 2010. Lihat saja nanti, siapa tahu nanti akan ada produsen sepatu yang mau membuatnya untuk dijual ke publik.

Michael Jackson, seorang ikon style, legenda musik, sekaligus penemu, benar-benar seorang yang layak disebut sebagai pionir di bidangnya. Sayang, Michael meninggal dengan cara yang tragis saat para penggemarnya menunggu come backnya lagi di dunia musik.

Goodbye, Jacko...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails