Juli 27, 2010

Keajaiban Alami Dalam Secangkir Teh



Sudah tahu manfaat dari secangkir teh tentu harus tahu juga cara menyeduh dan menikmatinya dong. Simak pengalaman Ketua Tea Lover's Indonesia tentang keajaiban teh dan kesehatan. Tidak ada yang lebih nikmat selain memulai hari dengan secangkir teh hangat. Tak hanya itu, minuman teh juga begitu pas untuk dinikmati saat sore hari, biasanya sambil bersantai.

Minuman teh yang selama ini dikenal sebagai minuman sehari-hari, ternyata selain memiliki rasa yang cukup digemari, ia juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, antara lain menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat), menurunkan resiko penyakit kanker, menurunkan resiko penyakit kardiovaskular, mencegah serangan stroke, menurunkan berat badan, serta meningkatkan stamina.

Kualitas daun teh dan cara penyajian teh yang benar sangat menentukan baik-tidaknya minuman teh tersebut. Kualitas terbaik daun teh berada pada 3 pucuk daun pertama, di mana bahan baku diambil dari 3 daun teratas, yang dipetik tepat pada waktunya, yaitu pada saat tidak terlalu muda dan juga tidak terlalu tua.

Karena kunci utama dari khasiat teh berada pada komponen bioaktif yang secara optimal terkandung dalam daun teh yang muda dan utuh. Komponen dalam daun teh yang bermanfaat bagi kesehatan adalah senyawa polifenol merupakan sumber antioksidan sebagai unsur yang paling potensial dalam menangkal radikal bebas.

Penyajian teh yang benar adalah menyeduh teh dengan waktu tidak lebih dari 3 menit dan tidak membiarkan daun teh terendam lebih lama dari waktu tersebut. Dengan cara ini akan didapatkan kenikmatan rasa dan aroma teh secara optimal. Selain itu, kualitas air juga mempengaruhi kualitas seduhan teh, air yang berkualitas baik adalah air dari mata air pegunungan.

Prof. Dede Kusmana, seorang Guru Besar Kardiologi dan juga Ketua Tea Lover's Indonesia mengungkapkan pengalaman mengaplikasikan teh dalam bidang medis selama ini.

Salah satu penelitian yang telah dilakukan oleh Prof. Dede Kusmana, bahwa dengan mengkonsumsi teh sebanyak 4-6 cangkir sehari secara kontinyu justru memberikan efek yang signifikan bagi kesehatan. Senyawa katekin dan theaflavin pada minuman teh menjadi sumber antioksidan kuat yang efektif menurunkan kadar kolesterol LDL, menurunkan kadar Lpa (factor thrombosis), dan menekan proses pembekuan darah yang menjadi pemicu serangan jantung dan stroke.

Kini jangan ragu untuk mengkonsumsi teh, jadikan ritual minum teh sebagai aktivitas rutin Anda. Sebab selain rasa yang menyegarkan, dua bonus keistimewaan bisa didapat dalam secangkir teh, yaitu sehat dan awet muda. Enjoy your tea moment!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails